Home » » Keputusan Terbaik

Keputusan Terbaik

Written By Unknown on Saturday 8 November 2008 | 18:37

Ubuntu 8.10 ( Interpid ) sudah rilis. Sangat cepat, cuma berjarak 6 bulan dari Hardy ( 8.04 ). Kalau kita lihat distribusi yang lain pun, polanya hampir sama. Paling tidak 1 tahun sekali sudah rilis versi yang lebih baru. Bagi sebagian pengguna awal Linux, dan mungkin juga pengguna Linux lain, hal tersebut sangatlah membingungkan dan menggoda.



Jika OS komersial seperti Microsoft Windows, akan merilis versi barunya dalam jarak yang cukup lama ( sekitar 4 tahun ), maka kebanyakan distribusi Linux merilis versi terbarunya dalam jarak waktu yang sangat dekat. Hal tersebut, tentu cukup membingungkan, karena kita harus melakukan instalasi ulang setiap versi yang lebih baru dirilis. Kita harus memindah-mindah dulu data yang ber-gigabyte, intstalasi yang melelahkan. Lalu mana yang terbaik ?



Sebenarnya kalau kita review secara lebih detil, rilis versi baru hanya merubah satu hal : mengganti versi paket ( software ) yang ada dalam distribusi. Paket desktopnya (KDE, Gnome), paket aplikasi fungsional ( Office, Multimedia, Internet, dll ) dan paket dependensi dasar sistem. Kemudian, kalau kita review ke paket-paket tersebut, sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu jauh antara versi paket dalam distribusi yang yang sebelumnya dengan yang baru dirilis.



Jadi, menurut hemat saya, adalah kurang efektif untuk selalu bergonta-ganti versi distribusi, apalagi gonta-ganti distribusi yang dipakai. Apalagi untuk penggunaan korporasi ataupun bisnis. Hal tersebut sangatlah tidak praktis dan tidak efisien ( membuang waktu dan biaya ). Jadi, langkah yang paling bijaksana adalah untuk menetapkan keputusan untuk menggunakan suatu versi distribusi tertentu untuk digunakan. Akan lebih baik kalau kita menggunakan versi yang mempunyai support sistem yang lama seperti versi LTS ( Long Term Support ) dari distribusi ubuntu.



Tentu saja akan ada pendapat "kan tinggal update lewat internet". Tentu saja akan saya jawab, seperti dalan posting saya yang lalu-lalu, bahwa internet masih mahal di Indonesia. Dan kalaupun mau mendownload manual lewat warnet adalah lebih tidak maksud akal.

Jadi intinya adalah, menurut pengamatan saya, tidak ada yang namanya ketinggalan fitur atau tehnologi yang signifikan dalan setiap versi distribusi. Katakanlah, kita seyogyanya mengganti versi distribusi kita setelah 2 tahun. Dan saat waktunya akan tiba, siap-siaplah untuk mengupdate sistem.



CD UBUNTU GRATIS

REPOSITORI UBUNTU



Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger