Home » » Linux Mint Dan Kebetulan Yang Aneh

Linux Mint Dan Kebetulan Yang Aneh

Written By Unknown on Saturday 3 January 2009 | 17:37

Beberapa waktu yang lalu, sekali lagi ada rekan kuliah minta di-oprek-kan komputernya gara-gara windows-nya error, katanya sih terserang virus, masalah klasik. Setelah saya cek, ternyata langsung terjadi BSOD (Blue Screen Of Death). Ketika saya restart, saya masuk safe mode, malah error, sepertinya masalah harddisk.

Mbuh, saya tidak mau pusing. Langsung saya pinjam CD instalasi windows xp dengan service pack-2 nya dan langsung saya boot (tentu saja yang saya punya windows versi “mahasiswa”). Proses lancar, tapi saat tengah-tengah instalasi tiba-tiba komputer hung total. Oh My God, What The Damned Is Going On? Dengan kesal saya ulangi, dan lagi-lagi mengalami masalah yang sama. Saya benar-benar bingung. Mungkin CD instalasi? Saya pun ganti dengan CD instalasi yang lain. Nihil! Tetap saja hung!

Dengan setengah frustasi dan iseng, saya coba live-cd-install Ubuntu Hardy. Lancar seratus persen! Saya pun langsung coba instal, dan eureka! Tanpa hambatan sedikitpun! Sungguh ajaib! Setelah saya pikir-pikir, rekan saya itu bukanlah linux-user, pasti bingung kalau tidak bisa memutar mp3. Lalu saya pun langsung teringat pada distro anaknya Ubuntu : LinuxMint. Distro indah nan elegan, dan siap pakai! Saya pun langsung burn LinuxMint 4.0 dan saya instal di komputer rekan saya. Tentu saja saya tambahi wine dan saya instal software populer windows : Winamp, Microsoft Office 2003 dan Adobe Photoshop (sangat ironis dan menyakitkan, karena saya pun hanya memiliki versi “mahasiswa” untuk software-software mahal itu, tapi demi kemajuan Linux, demi tujuan mulia).

Ternyata, kali ini Tuhan memberi saya kemudahan untuk “memaksa” rekan saya menggunakan Linux. Dan terberkatilah para pengembang LinuxMint. Distro yang indah dan easy-ready-to-use.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger