Home » » Mudah Memperbaiki Gambar Dengan GIMP

Mudah Memperbaiki Gambar Dengan GIMP

Written By Unknown on Sunday 22 March 2009 | 09:09





Posting saya kali ini adalah serial dari posting saya sebelumnya. Kali ini saya bercerita tentang bagaimana “mencerahkan” gambar dengan mudah memakai GIMP. Kita sering sekali mempunyai foto berukuran besar, tetapi memiliki kualitas warna yang jelek dan gambar yang kasar. Dengan cara yang sangat sederhana, kita bisa memperbaiki kualitas gambar dengan GIMP.



Pertama kita buka file gambar kita dengan GIMP. Langkah kedua, pada jendela gambar yang terbuka, pilih menu “Colors>Colors Balance”. Setelah itu muncul kotak dialog proporsi warna yang terdiri dari Cyan, Magenta dan Yellow. Kita tinggal mengatur proporsi ketiga warna itu sesuai selera kita. Langkah ketiga, masih di jendela gambar foto, kita buka menu “Color>Brightness-Contrast”. Akan muncul kotak dialog pengaturan proporsi kecerahan dan kontras. Kita tinggal atur sesukanya. Kalau saya, untuk memperoleh gambar yang lebih tajam, saya akan mengurangi proporsi Brightness dan menambah proporsi contrast. Setelah kedua proses tersebut berhasil, langkah terakhir adalah me-resize gambar kita ke ukuran yang lebih kecil. Kenapa? Dengan me-resize ke ukuran yang lebih kecil, akan di dapat gambar dengan kualitas yang lebih halus, karena piksel-nya merapat. Sebagai contoh, saya me-resize foto yang berukuran 1600x1200 piksel menjadi 800x600 piksel. Hasilnya adalah gambar yang lebih cerah, tajam dan halus.





Selamat Ekplorasi GIMP (^_^)







Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger