Home » , , , » Berkarya Untuk Nilai Yang Lebih Tinggi : Menulis Arab di Linux

Berkarya Untuk Nilai Yang Lebih Tinggi : Menulis Arab di Linux

Written By Unknown on Thursday 21 May 2009 | 09:19











Alhamdulillah, kemarin salah satu rekan saya yang dari pesantren minta di instalasikan Linux di Netbook miliknya. Alasan klasik, capek dengan Windows yang selalu lambat dan crash karena virus. Semua sih oke-oke saja, kecuali satu hal, bagaimana cara menggunakan keyboard arab di desktop Linux?



Waduh! Saya pun belum pernah pakai. Maklum lah, saya sendiri bisa di bilang tidak punya kemampuan menulis arab secara aktif. Hanya bisa membaca saja.



Cari di cari, ternyata sangat mudah. Untuk meng-enable Arabic Keyboard, kita tinggal masuk ke menu Gnome di 'System>Preferences>Keyboard'. Dari jendela seting keyboard, secara default seting keyboard adalah US English. Untuk menambahnya kita tinggal memilih button 'Add'. Setelah itu akan muncul kotak dialog 'Choose a Layout', dan pada bagian Layouts, cari pilihan 'Arabic' dan selanjutnya tekan 'Add'.



Terakhir, sekarang ada dua pilihan layout keyboard, US English dan Arabic. Untuk mengggunakan Arabic, kita tinggal memilih Arabic. Selanjutnya tentu kita masuk ke OpenOffice.org, dan sekarang kita bisa menulis Arab dengan nyaman di dekstop Linux! Untuk menggunakan kembali layout menulis latin, kita tinggal kembali ke menu 'System>Preferences>Keyboard' dan pilih layout ke US English.



Sangat mudah dan menyenangkan!



Selamat berkarya dengan Linux!



Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger