Home » , , , , , » Modem CDMA Venus VT 21 at Ubuntu Desktop : Its very easy to use!

Modem CDMA Venus VT 21 at Ubuntu Desktop : Its very easy to use!

Written By Unknown on Saturday 27 June 2009 | 05:16





Kemarin ada rekan yang bertanya tentang menggunakan modem dial-up CDMA dengan merek Venus VT 21 pada desktop Ubuntu Jaunty.



Setelah googling, ternyata Modem dial-up CDMA Venus VT 21 sudah terdeteksi secara native pada desktop Ubuntu. Kita hanya perlu menginstalasi aplikasi wvdialconf atau Gnome PPP. Karena saya lebih nyaman bekerja pada desktop, maka saya gunakan Gnome PPP.



Pertama, tentu kita harus menginstalasi Gnome PPP. Paling praktis menggunakan apt. Andai kita menggunakan notebook, kita bisa mengakses repositori online dengan fasilitas hotspot yang banyak tersebar di pusat perbelanjaan atau tempat hiburan lain. Cara kedua adalah kita bisa nebeng ke jaringan internet wired milik rekan, dan mencolok sebenar CPU kita untuk mengakses repo online Ubuntu.



Bagaimana kalau kita tidak punya akses internet sama sekali? Jalan lain yang paling praktis adalah membeli DVD repositori ubuntu, yang banyak di tawarkan oleh distributor produk CD/DVD Linux yang banyak tersebar di Indonesia. Cara yang terakhir, adalah kita pergi ke warnet dan mendownload paket Gnome PPP beserta dependesinya, di Ubuntu Repositori.



Instalasi dari apt :

Buka konfigurasi list mirror repositori Ubuntu kita :

$ sudo gedit /etc/apt/sources.list

Hapus saja daftar mirror default Ubuntu, karena letaknya cukup jauh dari Indonesia dan cukup lambat untuk di akses, gunakan saja mirror repository online ubuntu terdekat yang ada di Indonesia.

$ sudo apt-get install gnome-ppp

*) Mirror Ubuntu yang ada di Indonesia adalah (yang sering saya pakai) :

deb http://mirror.its.ac.id/ubuntu jaunty main multiverse restricted universe

(kalau kita menggunakan hardy, atau intrepid, tinggal ganti jaunty menjadi versi kita)

Cara menggunakannya sangat simpel. Pertama kita hanya perlu menancapkan Modem Venus VT 21 kita. Kedua, buka GNOME PPP dari menu Internet>Gnome PPP. Pada Gnome PPP, masuk ke setup, dan pilih button “Detect”. Modem kita akan terdeteksi dengan spesifikasi sebagai berikut :



Device : /dev/ttyACM0

Type : Analog Modem

Speed : 460800



Setelah terdeteksi, kita close setup, dan tinggal memasukan username, password dan phone number dari penyedia jaringan yang kita gunakan. Terakhir tinggal tekan “connect”, dan apabila kartu CDMA kita masih memiliki pulsa yang cukup untuk berkoneksi, maka kita sudah bisa menggunakan modem CDMA Venus VT 21 di desktop Ubuntu.



Begitulah !



Selamat ber-Linux !

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger