Home » , , » Al Quran di OpenOffice.org : Extensions Quran in OpenOffice (QiOO)

Al Quran di OpenOffice.org : Extensions Quran in OpenOffice (QiOO)

Written By Unknown on Saturday 22 May 2010 | 06:57

Menu insert ayat dan terjemah

Menu Al Quran terintegrasi di menu bar OpenOffice.org


Di lingkungan Microsoft Word, kita cukup akrab dengan plugin Al-Qur`an for Word dimana kita bisa insert ayat Al-Qur`an dan terjemah dalam sekali klik. Dan ternyata, di lingkungan OpenOffice.org, sebagai aplikasi ekuivalensi dari Microsoft Word, juga terdapat plugins sejenis, yang bernama Quran In OpenOffice (atau disingkat menjadi qioo).


QIOO adalah sebuah ekstensions yang fungsinya persis seperti plugins Al Qur`an for Word. Cara menginstalasinya pun sangat sederhana. Pertama, kita download terlebih dahulu paket ekstensi tersebut disini. Kemudian, kita ekstraksi paket tersebut, dan kita lakukan langkah berikut:


1.Untuk font ScheherazadeRegOT, kita masukan ke folder /home/nama_kita/.fonts. Jika kita belum memiliki direktori tersebut, buatlah terlebih dahulu. Pada distribusi Ubuntu, folder /home/nama_kita/.fonts, secara default belum ada. Jadi, kita harus membuatnya terlebih dahulu (jika belum kita buat sebelumnya). Perlu diketahui, nama folder dengan titik di depan, dalam lingkungan dekstop Linux (GNOME, KDE, XFCE, dan lainnya) dikenali sebagai folder hidden. Jadi, bagi yang menggunakan distribusi selain ubuntu, yang mana biasanya telah ada folder /home/nama_kita/.fonts, maka kita harus membukanya di file manager dengan opsi 'Show Hidden Files' (di desktop GNOME dan XFCE, kita bisa memakai tombol kombinasi Ctrl+H untuk menampilkan file hidden).

2.Setelah itu, buka OOO, dan pilih menu Tools>Extensions Manager, kemudian add extensions tersebut (yang berformat *oxt).

3.Terakhir, restart OOO, dan di menu bar, kita akan mendapati satu menu baru, yaitu AlQuran ! Cara insert ayat Al-Quran sangat mudah dan sama dengan fitur plugin Al-Qur`an for Word.

Demikianlah, selamat mencoba! Dan semoga Linux semakin memberi banyak manfaat yang positif dan mulia bagi kita semua :)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger