Home » » Mengenal SEO

Mengenal SEO

Written By Unknown on Saturday 17 November 2012 | 04:21



Bagi anda yang sudah berkecimpung dalam blogging, pasti sudah tau yang namanya SEO, Kepanjangan dari Search Engine Optimization. Ini adalah hal yang wajib menurut saya apabila anda bertujuan membuat blog atau website untuk tujuan bisnis atau monetize. Sebenarnya bisa saja tanpa seo web anda pun ramai, Tapi syaratnya anda harus terkenal dulu. Hhe. Tapi kalau tidak SEO adalah Hal yang wajib menurut saya.

SEO Menurut Wikipedia

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Baca lebih lanjut ke wiki
Singkatnya SEO bertujuan untuk mengoptimasi website agar bisa masuk halaman yang bagus pada search engine seperti google, yahoo, bing, dll. Halaman yang bagus adalah halaman 1 sampai 2 biasanya. Dan yang paling bagus lagi adalah bisa masuk di halaman pertama pada urutan 1. dan biasanya SEO ini di terapkan untuk google saja, karena memang google adalah rajanya search engine.

Google Alogaritma

Agak sulit menjelaskan bagaimana sebuah search engine bekerja. Tapi sedikit saya tunjukan cara kerjanya adalah pada search engine bertugas mengumpulkan website-website yang telah di daftarkan pada search engine. Dan pengumpulan ini menggunakan web crawler, semacam alogaritma kompleks di search engine. Dan dari situ pula crawler bertugas menindeks atau mendata istilahnya, website-website tersbut mengurutkannya mulai dari angka 1 sampai angka xxx, berdasar content website. Na, urutan 1 itu adalah halaman pertama urutan pertama,d an seterusnya. lebih lengkap bisa di pahami di wikipedia.

Karena ini adalah sebuah alogaritma atau sebuah bahasa programan, maka alogaritma ini juga di update. Update ini bertujuan agar search engine lebih bisa mengindeks website-website yang bagus kualitas kontentya dari pada website abal-abal, atau website yang punya kontent duplikat, atau yg buruk kualitasnya. Muncullah istilah-istilah sekarang ini seperti Google panda, dan yang terbaru adalah Google Penguin.

Garis Besar Optimasi SEO pada Website
Na anda sudah mengenal sedikit mengenai SEO. Sekarang saya akan memberikan garis besar cara mengoptimasi seo pada website anda.

OnPage. Onpage adalah optimasi yang di lakukan di dalam website. Mulai dari link, gambar, meta tag, Struktur navigasi, kategori konten, hingga bagian konten website. Semuanya di optimasi menggunakan keyword yang sudah dipilih.

OffPage. Yang kedua adalah Offpage. ini merupakan optimasi yang di lakukan di luar website. Isitilahnya adalah backlink. tugas anda hanya menaruh link-link anda yang sudah anda optimasi pada website2 seperti blog, forum, dan sebagainya.
Perlu di ingat, onpage dan offpage itu selalu berbarengan. Tidak bisa salah satu saja yang anda optimasi. karena hasilnya akan sangat bagus untuk website anda.

Sekian dan terimakasih ..
Semoga bermanfaat untuk kita semua ..

Sumber : Google
Dan semoga Rahmat serta Hidayah-NYA selalu tercurah untuk kita semua ... Amin ...




Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger