Home » » Pengaruh Karakteristik Peternak Terhadap Keputusan Pembiayaan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Di Desa Tanete, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang (PT-27)

Pengaruh Karakteristik Peternak Terhadap Keputusan Pembiayaan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Di Desa Tanete, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang (PT-27)

Written By mediana saputra on Sunday, 17 February 2013 | 23:59

Usaha peternakan ayam ras petelur merupakan suatu proses usaha yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi berupa lahan, ternak, tenaga kerja, dan modal untuk menghasilkan produk peternakan. Namun dalam memulai hal itu yang pertama harus diperhatikan adalah ketersediaan modal.
Dalam kenyataannya, usaha peternakan ayam ras petelur tidak dapat berjalan dengan mudah karena terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan usaha yang dimiliki misalnya dalam hal permodalan. Usaha peternakan ini membutuhkan modal yang cukup besar sehingga ketersediaan modal kerja yang cukup merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk mendirikan usaha ayam ras petelur.
Olehnya itu dalam operasionalnya usaha peternakan ayam ras petelur seringkali pelaku  agribisnis mengalami kesulitan di dalam memenuhi kebutuhan  modal usahanya seperti tidak terpenuhinya jumlah modal yang dibutuhkan dan terbatasnya ruang akses untuk mendapatkan sumber-sumber permodalan. Permodalan yang digunakan untuk mendukung kegiatan usaha peternakan dapat berasal dari dua sumber yaitu internal yang terdiri laba usaha dan eksternal yaitu pinjaman (bank, mitra) luar dan tambahan modal dari pemilik usaha.

Namun dalam memilih sumber modal yang akan digunakan, peternak umumnya kesulitan dalam menentukan hal tersebut karena ini dipengaruhi oleh karakteristik usaha dan karakteristik peternak nya sendiri namun kecenderungan dalam memutuskan hal tersebut dipengaruhi oleh karakteristik dari peternak itu sendiri dimana keputusan memilih sumber modal yang akan digunakan penting yang akan dihadapi oleh pemilik usaha dalam kaitannya dengan kelangsungan operasi perusahaan.
Proses pengambilan keputusan pembiayaan untuk memilih sumber modal internal, modal eksternal atau kombinasi kedua-duanya ditentukan karakteristik pemilik usaha meiliputi umur, pendidikan, pengalaman usaha, kemampuan mengambil risiko dan sikap terhadap manfaat hutang. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitan yang berjudul “ Pengaruh Karakteristik Peternak terhadap Keputusan Pembiayaan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur di Desa Tanete, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang”.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger