Home » , » Penilaian Pelanggan Terhadap Kinerja Rantai Pasok Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar (PM-44)

Penilaian Pelanggan Terhadap Kinerja Rantai Pasok Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar (PM-44)

Written By mediana saputra on Saturday, 16 February 2013 | 05:04



Perkembangan usaha peternakan unggas di Indonesia saat ini semakin pesat dan memberikan kontribusi besar dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani. Unggas khususnya ayam kampung merupakan salah satu komoditi ternak ayam yang banyak diminati oleh semua lapisan masyarakat, dengan banyaknya permintaan masyarakat akan daging ayam kampung, maka banyak sektor bisnis yang menjual daging ayam olahan seperti café, restoran dan rumah makan demi memenuhi kebutuhan konsumen. Bisnis yang menjual daging ayam kampung olahan menjadi semakin maju pesat sebagaimana dapat dilihat dari banyaknya rumah makan baru atau dengan membuka cabang didaerah lain. Salah satu rumah makan yang menjual daging ayam olahan dan berkembang sangat pesat belakangan ini adalah rumah makan Ayam Bakar Wong Solo yang perkembangannya sangat pesat salah satunya cabang Makassar.
            Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo merupakan salah satu rumah makan yang sedang berkembang saat ini. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1991, rumah makan ini terus mengalami perkembangan dari tahun ketahun. Dengan sistem waralaba yang dijalankannya, jumlah outlet-nya terus bertambah. Pada tahun 2010 jumlah outlet-nya sudah mencapai 42 buah yang tersebar di beberapa kotabesar di Indonesia. Selain di dalam negeri, rumah makan Ayam Bakar Wong Solo juga sudah berhasil memasuki pasar luar negeri. Hal ini ditandai dengan dibangunnya dua buah outlet di Negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo di Indonesia salah satunya adalah rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar yang berlokasi di Jalan Sultan Alauddin (Samping Kampus Nobel) Makassar, dimana tempatnya cukup strategis. Dalam perkembangannya, rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar tidak luput dari tingkat persaingan yang ketat, persaingan yang semakin ketat tersebut menuntut rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar untuk menerapkan strategi bersaing yang tepat untuk memenangkan persaingan di industri rumah makan. Agar berhasil dalam persaingan rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar harus mampu secara efisien menyediakan produk kepada pelanggan, dengan pelayanan dan mutu yang lebih baik dalam memuaskan kebutuhan pelanggannya, dalam memenuhi kebutuhan tersebut perusahaan harus memiliki kinerja yang baik sehingga akan menentukan keberhasilan dalam persaingan oleh karena terciptanya kepuasan pelanggan terhadap kinerja rumah makan ayam bakar Wong Solo dalam menyediakan ayam bakar yang diminta oleh setiap konsumennya.

            Fenomena yang terjadi di rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar semakin hari pengunjung yang datang berbelanja dirumah makan tersebut semakin berkurang hal itu disebabkan karena tingginya persaingan dengan banyaknya rumah makan sejenis yang semakin menjamur yang juga menyajikan ayam bakar sebagai menu utamanya sehingga konsumen menjadi tersebar hal ini kemungkinan diakibatkan pula karena kinerja rumah makan dalam memberikan pelayanan ditunjang dengan kualitas rasa makanan dan harga sajian ayam bakar yang relatif mahal menjadi pertimbangan bagi setiap konsumen sehingga memilih rumah makan lain dalam memenuhi kebutuhan mereka terhadap makanan khusunya ayam bakar.
            Kinerja rumah makan terkait rantai pasokan sangat menentukan keberhasilan rumah makan dalam memenangkan persaingan hal itu disebabkan karena rantai pasokan merupakan suatu jaringan yang sangat berperan penting dalam penyediaan dan pendistribusian bahan baku sehingga pasokan yang lancar yang masuk ke dalam perusahaan atau rumah makan mampu memenuhi permintaan pelanggan yang bervariasi dari pelanggan satu dengan pelanggan lainnya, rumah makan sebagai tempat memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap permintaan ayam bakar harus mampu mengantisipasi dan memenuhi setiap kebutuhan pelanggan sehingga kinerja yang dihasilkan mampu diterima oleh pelanggan secara positif dan berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan dalam memperoleh laba.
            Kinerja rantai pasok rumah makan ayam bakar Wong Solo cabang Makassar merupakan suatu unjuk hasil yang diberikan oleh pemasok terhadap kebutuhan rumah makan dalam memenuhi keinginan ataupun permintaan pelanggan terhadap pesanan ayam bakarnya sehingga penting bagi rumah makan dalam memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya agar tercipta kepuasan terhadap pelanggan. Pelanggan sangat berperan dalam mengetahui seberapa besar kinerja rantai pasok rumah makan dalam menyediakan ayam bakar yang pelanggan butuhkan dimana pasokan yang lancar dengan kualitas yang baik akan menghasilkan produk olahan yang baik jika kinerja rumah makan terus ditingkatkan dengan menyediakan pesanan ayam bakar yang pelanggan butuhkan sehingga ayam kampung yang berasal dari pemasok harus mampu disediakan oleh pemasok dengan waktu yang cepat, jumlah yang tepat, dan dengan kualitas yang baik dengan harga yang sesuai sehingga kinerja rumah makan dalam mengelola pasokan tersebut dapat dinilai dengan baik oleh pelanggan itu sendiri sehingga penilaian pelanggan tersebut mampu memberikan umpan positif terhadap rumah makan dalam meningkatkan kinerja rantai pasok rumah makan agar dapat menciptakan nilai secara keseluruhan dan memperoleh keunggulan dalam bersaing dengan rumah makan pesaingnya.
Berdasarkan uraian dan permasalahan yang telah dipaparkan maka akan  dilakukan penelitian yang berjudul “Penilaian Pelanggan Terhadap Kinerja Rantai Pasok Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar”.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger