Home » , » Studi Pengaruh Penambahan Gas CO2 Terhadap Umur Simpan Cabe Keriting (Capsicum annum var) Tanpa Blanching Dan Hasil Blanching (PRT-150)

Studi Pengaruh Penambahan Gas CO2 Terhadap Umur Simpan Cabe Keriting (Capsicum annum var) Tanpa Blanching Dan Hasil Blanching (PRT-150)

Written By mediana saputra on Wednesday, 13 February 2013 | 16:50

Cabe keriting (Capsicum annum var) merupakan komoditas sayuran yang banyak mengandung vitamin A dan C dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kebutuhan akan cabe terus meningkat setiap tahun sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan berkembangnya industri yang membutuhkan bahan baku cabe.

Cabe merupakan komoditi hortikultura yang sangat digemari oleh hampir semua kalangan buah cabe segar selain dapat diolah menjadi berbagai jenis bumbu, seperti sambal, cabe segar juga dapat digunakan sebagai penghias makanan yang disajikan dalam keadaan segar untuk menambah selera makan kita. Akan tetapi persediaan buah cabe segar sangat terbatas karena cabe segar akan cepat mengalami kerusakan yang mengakibatkan daya simpannya tidak tahan lama.

Cabe keriting memiliki sifat mudah rusak. Sifat mudah rusak ini dipengaruhi oleh beberapa faktor (fisiologis, mikrobiologi, dan kimiawi) dan menjadi masalah utama pasca panen cabai pada saat musim panen raya serta musim hujan. Selain itu kurangnya pemahaman tentang pengawetan cabe ditingkat petani menyebabkan cabe segar yang baru dipanen tidak bertahan lama dan menjadi rusak.

Cabe awet dapat dijumpai dalam bentuk cabe kering, cabe bubuk dan cabe segar, masing-masing bentuk awetan cabe memiliki fungsi yang berbeda misalnya cabe segar selain dapat memberi nilai ekonomis dan daya simpan juga digunakan sebagai hiasan (garnis) pada makanan.


Penyebab utama kerusakan buah cabe yaitu selain enzimatis juga mikrobiologis terutama akibat pertumbuhan atau aktivitas kapang khususnya Colletrothicum capsici. Faktor-faktor kerusakan tersebut dapat dikurangi dampaknya dengan perlakuan blanching pada suhu 1000C dengan waktu 45 detik, maupun memodifikasi kondisi lingkungan wadah penyimpanan. Gas CO2 diketahui dapat mempertahankan kesegaran cabe, namun pada komposisi udara bebas gas CO2 tidak begitu banyak sehingga untuk memodifikasi atmosfer perlu dilakukan peningkatan konsentrasi gas CO2 pada ruang atau wadah penyimpanan.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger