Home » , , » Perhatian, Warning, Jangan Pernah Gunakan Trash di Linux !!

Perhatian, Warning, Jangan Pernah Gunakan Trash di Linux !!

Written By Unknown on Thursday 12 November 2009 | 07:11



Salahsatu ciri khas dari sistem operasi berbasis UNIX adalah adanya File Permission. Setiap file mempunyai atribut dari si pembuat / pemilik file. Nampak rumit, dan bagi saya juga terasa rumit :D



Satu kerumitan itu adalah manakala kita meng-copy file dari CD/DVD ke hardisk, file hasil copy tersebut beratribut Read Only. Walhasil, kita tidak akan bisa menghapus file tersebut sebelum kita merubah permission-nya menjadi read-write via terminal dengan hak akses root.



Nah, mengenai hal tersebut, saya pernah mengalami kejadian paling konyol dan menjengkelkan. Alkisah, pada suatu waktu, saya meng-copy sebuah DVD (bukan me-ripp). Nah, setelah saya selesai menonton DVD dari hasil copy-an tersebut, saya berniat menghapusnya dengan cara memindahkannya ke trash, sementara saya belum me-chmod permission-nya. Apa yang terjadi? Trash tidak bisa dikosongkan!! Arghhhh!



Saya bingung kalang-kabut. Saya coba akses trash dari terminal, dan saya ketik :



$ cd trash:///

Tidak bisa!!



Dimana alamat trash di terminal?



Lalu saya pun mencoba mengakses nautilus as root privillage, tetap saja tidak bisa! Padahal, ukuran file hasil copy DVD tersebut sebesar 4 GB! Waduh! Saya amat kebingungan hingga keputusan akhirnya saya instal-ulang sistem. Hyufff!!



Pelajaran paling berharga bila bekerja di sistem Linux/UNIX adalah, jika ingin menghapus file, hapuslah secara tuntas dan total, yaitu dengan menekan tombol Shift+Delete. Hapuslah file tanpa ampun (tidak usah memakai trash).



Seperti itulah!



Selamat ber-Linux!

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger