Home » , , , » Download Al Qur`an Digital Linux (Download Link dan Review)

Download Al Qur`an Digital Linux (Download Link dan Review)

Written By Unknown on Sunday 22 May 2011 | 01:30



Klik pada gambar untuk memperbesar screenshot



Di dunia Linux, ada aplikasi Al Qur'an Digital bernama Zekr. Dari segi fitur, aplikasi ini boleh dibilang sempurna, karena dilengkapi sound untuk tilawah. Namun sayang, aplikasi ini cukup berat manakala dijalankan di komputer berspesifikasi rendah (misal, RAM dibawah 512MB).



Lalu, saya teringat, bahwasanya dulu, manakala saya masih memakai sistem operasi Windows, saya menemukan satu apliksi Al Qur'an Digital yang sangat ringan. Lalu saya pun Google dan menemukan website aplikasi tersebut di http://www.alquran-digital.com.



Lalu saya pun jalankan aplikasi tersebut di Linux memakai Wine, namun apa daya ternyata aplikasi tersebut tidak berjalan. Namun, setelah saya teliti, ternyata aplikasi tersebut hanyalah sebuah ebook berbentuk CHM. Tanpa banyak pertimbangan, lalu saya jalankan file CHM Al Quran Digital tersebut dengan chmviewer favorit saya di Linux dan berjalan sempurna.



Lalu terbersitlah ide, bagaiamana kalau ebook tersebut saya buat shortcut di menu Gnome sehingga tampak elegan dan mudah diakses? Selanjutnya saya malah terpikir kenapa tidak saya bundel menjadi paket installer linux yang siap instal dan pakai?



Akhirnya, saya buat skrip sederhana untuk menjalankan ebook tersebut dengan menggunakan tool XCHM, sehingga seolah-olah menjadi sebuah software Linux. Lalu saya bundel menjadi sebuah paket dpkg debian (DEB) sehingga siap untuk diinstall dan dijalankan di distribusi berbasis debian apapun. Selain itu, agar lebih indah, aplikasi tersebut saya integrasikan ke Islamic Menus. Islamic Menus adalah paket di dalam Ubuntu, bagi yang memakai distribusi non-ubuntu bisa mendownload secara terpisah dan lalu menginstalasi paket islamic-menus dari repositori ubuntu di http://packages.ubuntu.com. Untuk paket XCHM, merupakan paket populer yang ada di repositori distribusi mayor lain. ( Maklum, saya pengguna Ubuntu :D)



Berikut ini catatan teknis dari 'aplikasi' Al Qur`an Digital Linux:



Nama : Al Qur`an Digital Linux

Jenis paket : dpkg deb (Debian, Ubuntu dan keluarga)

Dependensi : xchm, islamic-menus

Ukuran : 9,2 MB

Download link : DI SINI

Website asli (versi Windows) : http://www.alquran-digital.com

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger