Home » , » Menginstalasi dan Menjalankan Cambridge Advanced Learner's Dictionary di Desktop Linux Menggunakan Wine (Review Kompatibilitas)

Menginstalasi dan Menjalankan Cambridge Advanced Learner's Dictionary di Desktop Linux Menggunakan Wine (Review Kompatibilitas)

Written By Unknown on Sunday 22 May 2011 | 01:23





Cambridge Advanced Learner's Dictionary adalah aplikasi kamus digital English-English untuk Windows yang sangat bagus. Ada fitur pronunciation (suara pengucapan kata) UK dan US. Sangat pas untuk pembelajar dan orang yang sedang mendalami English.



Beberapa waktu lalu saya dapat kopi dari aplikasi tersebut dari seorang rekan yang studi di English, dan saya jalankan dengan Wine di desktop Linux saya, dan semua berjalan sangat lancar tanpa masalah. Fitur pronunciation juga bekerja sempurna dengan suara yang jernih. Wine yang saya pakai adalah versi 1.2. Sebagai catatan, saya juga sempat mencoba aplikasi ini di Wine versi yang lebih lama: versi 1.14, versi 1.0 dan versi 0.96. Semuanya dapat menginstalasi dan menjalankan Cambridge Advanced Learner's Dictionary dengan lancar tanpa masalah. Hanya, semakin baru versi wine, fitur pronunciation-nya semakin jernih suaranya. Pada versi wine lama, fitur ini terdengar kemresek (Jawa: tidak jernih) walau masih cukup jelas untuk didengarkan. Pada wine versi 1.2, fitur ini terdengar sangat jernih.



Catatan lain lagi, saya juga mencoba menginstalasi aplikasi ini dengan aplikasi emulator aplikasi windows komersial Crossover Proffesional versi 9.00 (berbasis Wine 1.14), dan ternyata GAGAL. Entah kenapa, pada tahap instalasi dengan Crossover, terjadi desktop mengalami blank screen. Jendela instalasi next dan next-nya tidak muncul dan hanya muncul layar biru background instalasi. Kegagalan ini sungguh sangat ganjil karena semua tahu, bahwa kompatibilitas Crossover dalam menjalankan aplikasi Windows lebih baik dari Wine (karena sudah dikustomisasi untuk siap pakai). Saya pun merujuk ke website codeweaver (pembuat crossover) dibagian software compatibilities list, dan saya dapati memang bahwa Cambridge Advanced Learner's Dictionary ini belum kompatibel dengan Crossover.



Tapi tak masalah, karena dengan Wine justru berjalan sangat lancar ! Untuk itulah saya, walau menginstalasi Crossover di desktop Linux saya, saya juga tetap menginstalasi Wine karena keduanya memiliki keunggulan masing-masing (yaitu, wine lebih customable dan controlable).



Berikut spesifikasi sistem yang saya gunakan untuk menginstalasi Cambridge Advanced Learner's Dictionary ini:



Sistem : Ubuntu 8.04 Hardy Heron

Wine : 1.2

Komputer : Intel Pentium IV 2,4 GHz

Memori : 512 MB

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger