Home » , » Pengaruh Penggunaan Probiotik Komersial Sebagai Bahan Curing Pada Pembuatan Telur Itik Asin (PT-23)

Pengaruh Penggunaan Probiotik Komersial Sebagai Bahan Curing Pada Pembuatan Telur Itik Asin (PT-23)

Written By mediana saputra on Sunday, 17 February 2013 | 23:50



Telur merupakan bahan pangan hasil ternak unggas yang memiliki sumber protein hewani yang memiliki rasa yang lezat, mudah dicerna dan begizi tinggi. Selain itu telur mudah diperoleh dan harganya relatif murah. Dalam perkembangannya, telah banyak dilakukan teknik pengolahan telur untuk meningkatkan daya tahan serta kesukaan konsumen.
Permasalahan dalam pemasaran produk hasil ternak adalah karakteristik produk yang merupakan bahan pangan yang mudah rusak, sehingga proses pengawetan merupakan salah satu cara untuk mengatasinya.  Pengasinan merupakan salah satu cara mengawetkan telur untuk memperpanjang masa simpan.  
Telur itik biasa digunakan dalam pembuatan telur asin karena mempunyai pori-pori kulit yang lebih besar dibandingkan dengan telur unggas lainnya, sehingga kemampuannya dalam menyerap air sangat mudah dan sangat baik jika diolah menjadi telur asin.  Penambahan probiotik komersial yang dicampurkan ke dalam adonan telur asin kemungkinan besar dapat dilakukan karena diketahui telur itik memiliki pori-pori yang besar.
Penggunaan larutan probiotik komersial sebagai proses curing pada pembuatan telur asin digunakan untuk proses pengawetan telur asin yang memiliki daya simpan yang lebih lama sehingga dapat menguntungkan bagi produsen maupun konsumen.



          Diketahui bahwa telur merupakan bahan pangan yang sangat digemari untuk dikonsumsi sebab rasanya nikmat dan harganya yang relatif murah. Telur sangat mudah rusak serta masa simpan yang sangat pendek tanpa perlakuan apapun, oleh karena itu perlu penanganan khusus dalam pengolahan telur ini, yakni salah satunya adalah pengawetan telur asin serta penambahan larutan probiotik komersial untuk memperbaiki kualitas telur serta memperpanjang daya simpan telur itu sendiri.
          Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas telur bebek yang ditambahkan dengan probiotik komersial serta mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap kualitas relur. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai informasi dan gambaran yang jelas tentang kualitas telur itik yang ditambahkan dengan probiotik komersial dan berbagai faktor yang berkaitan dengan kualitas telur itik.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger