Home » , » Persentase Berat Karkas Dan Berat Lemak Abdominal Broiler Yang Diberi Ransum Mengandung Tepung Daun Katuk (Sauropus Androgynus), Tepung Rimpang Kunyit (Curcuma Domestica) Dan Kombinasinya (PT-15)

Persentase Berat Karkas Dan Berat Lemak Abdominal Broiler Yang Diberi Ransum Mengandung Tepung Daun Katuk (Sauropus Androgynus), Tepung Rimpang Kunyit (Curcuma Domestica) Dan Kombinasinya (PT-15)

Written By mediana saputra on Sunday, 17 February 2013 | 23:38

Broiler merupakan jenis ras unggul hasil persilangan yang dihasilkan dari jantan strain Cornishdengan betina yang besar yaitu Plymouth Rocks yang merupakan strain bertulang tinggi putih. Sektor perunggasan  terutama ayam  ras pedaging masih menjadi prioritas utama untuk memenuhi kebutuhan protein  hewani  manusia. Mengingat sifat-sifat unggulnya yaitu tidak memerlukan   tempat   luas   dalam   pemeliharaan, bergizi tinggi, pertumbuhan cepat dan   efisien   mengkonversikan   makanan   menjadi   daging sehingga  cepat mencapai usia berat jual dengan bobot badan yang tinggi. Tetapi mempunyai  kecenderungan sifat  perlemakan  yang  tinggi  pula,  karena  diikuti adanya gen pembentuk lemak.                                                                                                                                Industri broiler di Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan yang harus segera diatasi. Masalah pertama adalah  rendahnya efisien produksi daging broiler, yang disebabkan oleh tingginya harga pakan broiler. Masalah kedua adalah tuntutan konsumen yang menghendaki daging broiler yang rendah lemak serta bebas residu. Untuk itu diperlukan feed supplementyang mampu menurunkan kadar lemak daging serta mampu menghasilkan daging yang sehat bagi konsumen.        
                                                                                                                            Daun katuk (Saurupus androgynus) merupakan tanaman obat-obatan tradisional yang mempunyai senyawa fitokimia yang terkandung di dalamnya adalah saponin, flavonoid, dan tanin. Penelitian sebelumnya mengenai analisa pemberian tepung daun katuk tua sebesar 3 % dalam ransum ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan dan meningkatkan efisiensi penggunaan ransum. Namun belum diketahui apakah ekstrak daun katuk mampu menaikkan persentase karkas.  Kunyit (Curcuma domestica) berpotensi  untuk menurunkan lemak pada broiler. Penelitian sebelumnya menyatakan tepung kunyit sebanyak 1 g/kg pakan membuktikan bahwa tepung kunyit mampu menurunkan lemak abdominal. Senyawa aktif dalam kunyit yang berpotensi untuk menurunkan lemak adalah kukurmin beserta turunannya. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini dirancang untuk menaikkan persentase karkas, menurunkan persentase lemak abdominal dan kadar lemak daging paha pada broiler yang diberi ransum mengandung tepung daun katuk, tepung rimpang kunyit dan kombinasinya.            Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui persentase karkas, persentase lemak abdominal dan kadar lemak daging paha broiler yang diberi ransum mengandung tepung daun katuk dan tepung rimpang kunyit. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan informasi kepada petani peternak tentang penggunaan tepung daun katuk dan tepung rimpang kunyit sebagai feed suplement alami yang dapat memperbaiki persentase karkas, lemak abdominal dan kadar lemak daging paha broiler
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger