Home » , » Persentase Karkas Dan Income Over Feed And Chick Cost Pada Broiler Yang Mendapat Ransum Mengandung Berbagai Level Tepung Daun Katuk (PT-14)

Persentase Karkas Dan Income Over Feed And Chick Cost Pada Broiler Yang Mendapat Ransum Mengandung Berbagai Level Tepung Daun Katuk (PT-14)

Written By mediana saputra on Sunday, 17 February 2013 | 23:36



Broiler merupakan salah satu komoditas hasil ternak yang mempunyai peran penting dalam memenuhi protein hewani yang dibutuhkan oleh manusia. Daging ini sangat banyak diminati masyarakat karena kandungan protein yang cukup tinggi dengan harga yang relatif  murah dibandingkan dengan daging unggas lainya.
Upaya peningkatan mutu sumber daya manusia untuk menghadapi era globalisasi tidak lepas dari upaya peningkatan gizi masyarakat. Untuk memenuhi target tersebut, diperlukan peningkatan produksi protein hewani seperti daging. Produk hasil peternakan seperti daging merupakan sumber pangan berprotein tinggi yang sangat diminati oleh masyarakat. Konsumsi per kapita dan konsumsi secara total masyarakat terhadap daging ayam, naik seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat maupun tingginya pertumbuhan penduduk. Usaha peternakan unggas khususnya ayam broiler di Indonesia diharapkan mampu memenuhi kebutuhan daging ayam sebagai sumber protein hewani.
Untuk mendapatkan pertumbuhan ayam broiler yang baik maka perlu diperhatikan zat nutrisi yang baik pada ransumnya sebab komposisi ransum yang baik mempengaruhi pertumbuhan ayam tersebut.Akan tetapi tidak semua zat makanan yang diberikan akan dapat dimanfaatkan.

Daun katuk (Sauropus androgynus) merupakan tanaman obat-obatan tradisionil yang mempunyai zat gizi tinggi, sebagai antibakteri, dan mengandung beta karoten sebagai zat aktif warna karkas. Senyawa fitokimia yang terkandung di dalamnya adalah : saponin, flavonoid, dan tanin Daun katuk mempunyai banyak khasiat terhadap kinerja unggas apalagi daun katuk kaya akan zat besi, provitamin A dalam bentuk β-Karotene, vitamin C, minyak sayur, protein, dan mineral lainnya yang sangat dibutuhkan oleh ternak unggas untuk pertumbuhannya
Untuk itu, penelitian ini dirancang untuk mengetahui persentase karkas dan income over feed and chick cost pada broiler yang mendapat ransum mengandung berbagai level tepung daun katuk.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger