Home » , , , , » Bekerja Dengan Shell Tak Harus Membosankan !

Bekerja Dengan Shell Tak Harus Membosankan !

Written By Unknown on Sunday 10 May 2009 | 10:04

Layar Terminal yang imut





Pilih gambar sebagai background

Seting opacity



Edit 'Current Profile'



Desktop Linux dan Unix ( termasuk di dalamnya Mac OS X ), adalah sebuah desain desktop yang sempurna. Perpaduan antara desain interface garfis yang indah, menawan dan efisien, dengan manajemen sistem berbasis shell script dan teks yang sangat ampuh.



Untuk itulah, di desktop Unix selalu ada aplikasi 'terminal-emulator' untuk berkomunikasi dengan shell. Apliaksi yang terkenal antara lain 'xterm', 'gnome-terminal', 'konsole', dan 'xfce4-terminal'.



Bagi administrator komputer dan sistem informasi berbasis Linux, bekerja dengan menggunakan shell adalah keniscayaan dan menjadi rutinitas. Dan dimanapun, rutinitas akan cenderung berujung kepada kebosanan. Dan nampaknya, hal tersebut terpikirkan oleh para pemrogram komputer FOSS.



Aplikasi 'terminal-emulator' seperti 'gnome-terminal', 'konsole', 'xfce4-terminal' dan 'roxterm' di lengkapi dengan pengaturan interface yang cukup 'membantu' memperindah tampilan layar 'terminal' agar tidak melulu hitam dengan tulisan berkedip.



Satu pengaturan yang saya suka adalah, kita bisa menyisipkan gambar sebagai background layar kerja terminal, sehingga layar terminal menjadi sangat segar dan menggemaskan ^_^



Cara untuk men-seting gambar sebagai background layar terminal cukup mudah. Pada 'gnome-terminal', pilih menu 'Edit>Current Profile'. Pada jendela konfigurasi profil, pilih tab 'Effect>Background Image'. Kita tinggal memilih gambar yang kita suka untuk menjadi background. Agar gambar tidak mengganggu layar karena memiliki warna yang sama dengan teks, kita tinggal mengatur tingkat opacity (transparansi warna layar terminal dengan gambar background) sesuai selera kita. Yang paling ideal tentu 50 % (bagi saya).



Kini kita punya layar kerja terminal yang sangat 'imut' dan 'menggemaskan'. Tak perlu lagi ada kebosanan bekerja dengan shell di terminal.



Selamat ber-Linux! ^_^



Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger