Indah Tak Perlu Mahal !

Written By Unknown on Sunday 10 May 2009 | 09:55



Satu aplikasi `khas` desktop Mac yang selalu menarik adalah dock. Karena saking menariknya, aplikasi dock untuk desktop non-Mac pun banyak di buat. Di Windows ada RocketDock dan ObjectDock. Di Linux ada banyak pilihan, dan yang terakhir paling terkenal adalah Avant-Window-Navigator dan Cairo-Dock.



Sayang sekali, aplikasi dock di desktop Linux hanya bekerja pada modus compositing desktop, seperti Compiz Fusion. Padahal untuk mengaktifkan aplikasi compositing desktop semacam Compiz, butuh VGA yang 'agak lumayan', katakanlah minimal on-board Intel 8xx/9xx.



Lalu, bagaiman dengan nasib komputer yang hanya bermodal VGA shared 'minimal' seperti komputer saya? Jangan khawatir! Ternyata aplikasi compositing desktop tidak melulu harus aplikasi berat sekelas Compiz Fusion. Ada satu aplikasi compositing desktop yang sangat kecil dan ringan, tetapi sudah mampu memenuhi syarat kebutuhan untuk menjalankan aplikasi dock. Aplikasi compositing desktop tersebut adalah xcompmgr.



Kita tinggal menginstalasi saja aplikasi tersebut dari repositori :



$ sudo apt-get install xcompmgr



Jalankan :



Run (Alt+F2), ketik xcompmgr



Kalau desktop 'berkedip' untuk sesaat, berarti aplikasi sudah berjalan. Selanjutnya, kita tinggal menjalankan aplikasi dock kesukaan kita, AWN, Cairo-Dock atau yang lain.



Kini, komputer dengan hardware minimalis pun dapat menikmati kepraktisan dan keindahan aplikasi dock di desktop Linux!



Selamat bereskplorasi dengan Linux !



Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Turorial Grapich Design and Blog Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger